Minggu, 27 Januari 2019

Inilah Manfaat dan Fungsi Spooring Mobil

Inilah Manfaat dan Fungsi Spooring Mobil

Fungsi spooring mobil adalah untuk meluruskan kedua ban mobil bagian depan dan belakang. Biasanya ketika mobil sudah dalam pemakaian lebih dari 20.000 kilometer, sistem kemudi sudah tidak lagi nyaman, terkadang setir bergerak sendiri. Apalagi jika Anda hobi membawa mobil jalan-jalan ke pelosok dan jalanya terjal. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan besar kemudi Anda bisa sangat tidak stabil jika tidak di-spooring.

Sebelum melakuan spooring, tentu mobil memiliki tanda-tanda yang bisa dikenali ketika berkendara. Rasakan ketika di jalanan lurus dan posisikan mobil di marka jalan. Ketika kemudi tiba-tiba belok sendiri, ke kiri atau ke kanan, itu artinya mobil butuh spooring. Atau ketika berkendara, setir sangat berat dikendalikan. Itu tanda mobil harus segera dibawa ke bengkel agar langsung mendapat penanganan.

5 Manfaat Spooring Bagi Kenyamanan Dan Keselamatan Berkendara

Ketika melihat tanda tanda yang sudah disebutkan diatas, segeralah datang ke bengkel. Karena, spooring tak hanya bisa meningkatkan kenyamanan, namun juga keamanan berkendara, karena kemudi yang tidak stabil akan berbahaya di jalanan ramai maupun tol. Lalu, apa saja manfaatnya?

1. Bisa Menghemat Bahan Bakar
Ketika posisi ban anda tidak di posisi lurus, ini membuat roda depan dan belakang tidak berjalanan ke arah yang sama. Karena itu, mesin akan bekerja lebih keras untuk mendorong atau menarik mobil ke depan. Hal ini menyebabkan efisiensi bahan bakar mobil berkurang. Apalagi jika kemudi sangat berat untuk dibelokan, selain efisiensi bahan bakar terganggu, tentu masa pakai onderdil juga akan cepat berkurang.

2. Menghindari Kerusakan Yang Lebih Parah
Terkadang ketika keadaan roda mobil tidak lurus dan tidak seimbang, beban yang harus dirasakan oleh tiap onderdil juga tidak akan seimbang. Fungsi spooring mobil sendiri karena bersifat meluruskan roda, akan memastikan beban yang harus diterima setiap bagian sama. Apalagi jika setir bergetar saat di kecepatan tertentu, ini bisa memperparah kerusakan dan perbaikan akan lebih mahal.

3. Meningkatkan Kenyamanan Saat Berkendara
Ketika posisi ban mobil tidak rata dan setir mobil sudah tidak stabil. Pengendara akan merasakan bahwa kemudi akan lari ke kanan dan kekiri, meskipun setirnya sendiri tetap diarahkan lurus. Menyesuaikan arah secara terus menerus selama perjalanan merupakan aktivitas yang melelahkan, mengganggu konsentrasi dan sebenarnya berbahaya. Dengan spooring, handling akan lebih Nyaman dan steady saat berkendara.

4. Meningkatkan Keselamatan Berkendara.
Yang pasti dengan menjaga posisi ban sejajar melalui proses spooring rutin akan membuat SUV,MPV, Sedan Anda lebih tahan lama dan aman untuk dikendarai. Dengan melakukan spooring, kejadian mobil tiba tiba belok keluar garis marka bisa dihindari. Atau sulitnya belok di tikungan tajam juga bisa dihindari. Lakukan spooring sebelum mobil terdampar di trotoar atau badan jalan!

5. Velg Dan Ban Jadi Lebih Awet
Velg merupakan salah satu bagian mobil yang mahal, bahkan satu setnya bisa jutaan rupiah, oleh karena itu, sangat penting menjaga velg agar tidak gampang rusak. Begitu juga dengan ban mobil, tentu Anda tidak mau jika ban mobil cepat gundul karena mobil yang jarang di spooring. Dengan melakukan spooring, ban mobil tidak akan cepat gundul dan tidak selip saat jalanan basah.

Itulah fungsi spooring mobil dan 5 manfaat yang bisa Anda dapat ketika anda rajin melakukan spooring maupun balancing.

0 komentar:

Posting Komentar