Kamis, 26 April 2018

Mengulas Tentang Bentuk dan Tips Memilih Kail Pancing yang Tepat

Mengulas Tentang Bentuk dan Tips Memilih Kail Pancing yang Tepat

Ikan adalah salah satu hewan laut yang menjadi sumber lauk makanan penduduk. Sebagai pemancing maka target sasarannya adalah ikan dengan berbagai bentuk dan jenisnya. Pemancing tentunya harus memiliki alat-alat pancing yang dibutuhkan baik itu dari pakaian yang digunakan, kail ataupun mata pancing yang akan digunakan. Kail pancing merupakan hal paling penting untuk dipertimbangkan supaya ikan tertangkap. Ada begitu banyak jenis kail sesuai dengan kebutuhan penggunanya dan hal ini membuat pemancing harus memahami ikan yang akan dipancing dan menyesuaikannya dengan kail yang digunakan. Kail yang baik tentunya akan membuat buruan ikan tertangkap dengan sempurna dan membuat ikan yang ditangkap hanya terluka pada bagian mulutnya saja.

Kail atau mata pancing sudah banyak dijual pada beberapa situs belanja online dengan varian harga yang berbeda. Kail biasanya terbuat dari bahan baja dengan campuran karbon berkualitas dan tahan terhadap korosi. Berikut adalah bentuk mata pancing atau kail diantaranya:
  • Bait Hooks, dengan bagian barb berjumlah 2 hingga 3 barb yang ada pada shank supaya umpan tidak mudah lepas dari kail.
  • Treble Hooks, dengan 3 kail satu ikatan dan biasanya dijumpai pada lure dengan strike ikan yang lebih besar.
  • Siwash Hooks, memiliki bentuk shank dengan panjang kail pada umumnya dan bentuknya standar.
  • Aberden Hooks, shanknya lebih panjang dan digunakan untuk memancing teknik mancing ngoncer dengan menggunakan umpan alami.
  • Circle Hooks, bagian ujung menghadap shank dan mampu mendeteksi ikan sudah memakan umpan dan cukup menarik senar dan bibir ikan akan tertancap.
  • Octopus Hooks, dengan gap yang lebih lebar dan cocok untuk ikan dengan gigi yang tajam.

Selain beberapa hal diatas ada juga Worm Hooks dengan bagian point dan eye berada dalam satu garis lurus dan tidak mudah tersangkut pada spot dengan rintangan. Ada juga Jig Hooks, dengan eye yang melengkung dan untuk softlure dan terdapat bagian aksesoris pada bagian kepala menyerupai ikan kecil. Drop Shot Hooks, Weedles Hooks, Topwater Jerkbait Hooks, Keeper Hooks, dan Dressed Trebles merupakan bentuk lain dari kail yang digunakan.

Berikut adalah tips memilih kail pancing sesuai dengan cara makan ikan diantaranya:
  • Menyambar, dapat menggunakan kail jenis Tuna Hook atau Big Game Hook dengan kail tegak lurus ke pangkal dan merupakan jenis mata kail yang tidak melurus ketika di hentakan.
  • Ragut, biasanya menggunakan Circle Hook dengan fungsi pengait ikan tanpa melukai ikan saat terjerat dan tidak membuat ikan cedera saat dilepas.
  • Memagut, menggunakan mata kail yang lurus dan mencuat kedepan serta hindari memilih mata kail yang besar. Pemancing harus menghentakan secara cepat ketika umpan sudah dimakan.
  • Menghisap, menggunakan kail dengan mata yang tangkal dan panjang untuk memotong umpan dalam mulut ikan.
Beberapa mata kail diatas sudah dapat ditemukan pada situs belanja online. Biasanya dijual secara banyak dalam satuan yang banyak sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pemancing juga harus dapat mengetahui fungsi dari ujung mata kail supaya dapat disesuaikan dengan ikan yang akan diburu.

Kail pancing terdiri dari bentuk dan jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pemancing. Bagian-bagian dari kail haruslah diketahui fungsinya oleh pemancing supaya dapat membuat ikan benar-benar terjerat dalam kail. Hal lainnya adalah penggunaan mata kail yang terbaru saat ini dengan beberapa inovasi membuat pemancing dapat memancing dalam berbagai suasana pagi maupun malam.

0 komentar:

Posting Komentar