Rabu, 07 Februari 2018

Pilih Mana, Buat Rumah atau Beli Rumah?

Pilih Mana, Buat Rumah atau Beli Rumah?

Rumah adalah suatu kebutuhan utama setiap manusia. Kita membutuhkan tempat tinggal untuk bisa membuat diri kita terlindung dari segala macam hal yang mengancam kita. Misalnya dari panas matahari, guyuran hujan, angin, dan lain-lain. Tentunya, semua orang membutuhkan rumah. Namun, cara untuk memilikinya berbeda-beda setiap orangnya. Membuat rumah sendiri merupakan salah satu pilihan bagi beberapa orang yang memang tertarik untuk melakukannya. Meski cenderung lebih rumit karena harus menyiapkannya sendiri, tetapi membuat rumah sendiri tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya sendiri jika dibandingkan dengan membeli rumah langsung di pengembang perumahan. Jika Anda yang perlu untuk pindah ke rumah yang baru dalam waktu dekat, maka membeli rumah yang sudah selesai dibangunlah jawabannya. Namun, semua hal tersebut memang perlu disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan yang tidak kalah penting juga dengan bujet Anda. Karena itu, di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan dasar pertimbangan untuk membangun rumah dari awal atau membeli rumah yang sudah jadi.

Membeli Rumah dari Pengembang Perumahan

Memang, untuk membeli rumah yang sudah jadi dari pengembang perumahan akan jauh lebih cepat dan praktis. Bagi beberapa orang, ada yang menganggap ketika tinggal di perumahan akan memiliki gengsi jika dibandingkan dengan rumah yang berada di jalan biasa atau di tempat yang bukan berada di dalam perumahan. Selain itu, jika Anda tinggal di dalam perumahan, biasanya tingkat keamanannya akan jadi jauh lebih tinggi. 

Dari segi desain, jika Anda tidak mau repot mengenai urusan ini, maka tinggal di perumahan adalah salah satu solusinya karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menentukan desainnya. Hal ini karena pastinya rumah-rumah di perumahan sudah memiliki desainnya masing-masing. Anda tinggal menentukan rumah mana yang sesuai dengan selera Anda. 

Tinggal di perumahan memang sangat praktis dan tidak menghabiskan banyak waktu. Di beberapa perumahan, bahkan Anda juga bisa menemukan rumah yang sudah termasuk dengan furniturnya ketika Anda membelinya. Selain itu, karena fasilitas yang cenderung lengkap, Anda juga merasa lebih dimudahkan dengan adanya hal tersebut. Fasilitas seperti taman, lapangan olahraga, kolam renang, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, bahkan sekolah.

Namun, tentu saja dengan berbagai macam kelebihan yang bisa Anda dapatkan juga harus diimbangi dengan bujet yang cukup. Anda juga perlu memilih keinginan apa yang perlu Anda penuhi dan mana yang tidak agar bujet bisa mencukupi.

Membangun Rumah Sendiri

Jika ada beberapa orang yang memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi, maka pasti ada juga beberapa orang yang cenderung lebih memilih untuk membangun dari awal. Mereka lebih memilih untuk mencari tanah kosong, kemudian membangun rumah di atasnya. Tentu saja, persiapannya harus matang dan memikirkan segala macam aspek. Bahkan kalau perlu, Anda juga harus menyewa arsitek agar hasilnya bisa sesuai dengan keinginan Anda.

Dari segi harga, biasanya akan cenderung lebih murah jika dibandingkan membeli langsung yang sudah jadi. Apalagi, jika Anda sudah memiliki tanah kosong yang misalnya merupakan warisan dari orang tua Anda. Sehingga yang perlu dilakukan adalah membangun rumahnya saja, sehingga pengeluaran bisa jauh lebih sedikit.

Bagi Anda yang menginginkan hal yang baru, Anda bisa mendesain rumah Anda sendiri. Selain itu, tinggal di rumah dengan desain sesuai dengan keinginan Anda sehingga desainnya cenderung eksklusif karena tidak ada lagi rumah dengan desain yang sama. Namun sayangnya, Anda memang membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dengan persiapan yang matang juga.

0 komentar:

Posting Komentar